Senin, 01 Mei 2017

Hubungan Fisikan Dengan Teknik Informatika


Pada kesempatan kali ini saya akan sediki membahas hubungan antara fisika dengan teknik informatika, tapi sebelum membahas antara hubungan fisika dengan teknik informatika mari kita bahas terlebih dahulu tentang teknik informatika dan fisika listrik, mari kita bahas satu persatu

Ø  Apa itu teknik informatika
Teknik informatika adalah Teknologi Informatika yang mencakup ilmu mengenai komputer dan alat-alat komunikasi yang digunakan untuk menyimpan, mengambil dan merubah data. Peralatan tersebut telah digunakan untuk menyimpan data selama ribuan tahun, namun baru pada tahun 1940-an sistem komputer elektronik muncul. Semenjak saat itu komputer dan cara mengelola informasi berkembang secara signifikan. Mulai dari sistem manajemen database dan transmisi data hingga peran teknologi informatika dalam perdagangan dan etika di balik penyimpanan informasi, di jurusan teknologi informatikaini Anda juga akan mempelajari beragam spesialisasi komputer dan mata kuliah teknologi sistem.
Ø  Apa itu Fisika Listrik
Fisika listrik adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu kejadian yang berhubungan dengan kelistrikan secara mekanis yang diterapkan dan dirangkum dalam suatu rumusan-rumusan matematis.
Ø  Hubungan Fisika Listrik dengan Teknik Informatika
Hubungan fisika dengan TI sebenarnya cukup banyak salah satunya yang paling berkaitan erat dengan TI adalah hukum kirchoff. Hukum kirchoff merupakan ilmu fisika yang mempelajari tentang kelistrikan
Fisika sebagai bagian dari sains mempunyai peranan yang besar dalam perkembangan teknologi. Teknologi baru yang ditemukan pada gilirannya kemudian memfasilitasi penelitian-penelitian di bidang sain sehingga perkembangannya berlangsung secara lebih cepat. Sains dan teknologi ibarat dua sisi mata uang yang saling menguatkan. Kerja sama yang erat antara dunia riset dan industri telah lama terjalin secara sinergis menghasilkan produk-produk yang mempunyai keunggulan kompetitif dan ini dijembatani oleh dunia pendidikan.
Ø  Fisika Menurut Para Ahli diantaranya:
·         Drs. Supiyanto, M. Si. Fisika adalah ilmu fundamental yang menjadi tulang punggung bagi perkembangan ilmu pengetahuan.
·         Gustav Robert Kirchhoff adalah seorang fisikawan Jerman yang berkontribusi pada pemahaman konsep dasar teori rangkaian listrik, spektroskopi, dan emisi radiasi benda hitam yang dihasilkan oleh benda-benda yang dipanaskan. Dia menciptakan istilah radiasi "benda hitam" pada tahun 1862. Terdapat 3 konsep fisika berbeda yang kemudian dinamai berdasarkan namanya, "hukum Kirchhoff", masing-masing dalam teori rangkaian listrik, termodinamika, dan spektroskopi.
·         Ir. Harrys Siregar  Fisika adalah ilmu yang paling fundamental dan mencakup semua sains baik sains benda-benda hidup maupun sains fisika.



 TI Menurut Para Ahli diantaranya:
1.      Menurut Y.Maryono & B.Patmi Istian IT adalah tata cara atau sistem yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan pesan atau informasi. IT juga bisa diartikan sebagai pemanfaatan perangkat komputer sebagai alat untuk memproses, menyajikan, serta mengelola data dan informasi dengan berbasis pada peralatan komunikasi.
2.      Menurut Advisory Council For Aplied Reserach and Development IT adalah suatu disiplin ilmu sains, teknologi dan perekayasaan (engineering), serta teknik – teknik manajemen yang digunakan dalam menangani dan memroses informasi, aplikasi komputer dan interaksinya dengan manusia, serta asosiasinya dengan kondisi sosial, ekonomi, dan budaya.
3.      Menurut Christine Wibhowo & Ridwan Sanjaya IT adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, lebih luas penyebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Sumber : http://rexfaudzan.blogspot.co.id/
\


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERETA TERBANG, BUKTI APLIKASI FISIKA DALAM TEKNOLOGI MODERN

Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan  paling sempurna  yang selalu ingin berkembang. D engan kecerdasannya, manusia berhasil me...