Senin, 01 Mei 2017

Apa Hubungan Bom-Bom Car dengan Fisika?

BOM- BOM CAR
           Bom-bom  car atau mobil senggol. Arena ini merupakan arena terbaik untuk belajar tumbukan. Mobil senggol bergerak dengan  tenaga  listrik yang diperoleh dari jala-jala listrik diatasnya. Pada  tongkat penghubung mobil dengan  jala-jala sering terlihat percikan listrik akibat tegangan listrik yang sangat tinggi pada jala-jala ini.  Percikan  terlihat  ketika  hubungan  tongkat  ini  dengan  jala-jala terputus.  Karena  energi  yang  diperoleh  tiap  mobil  sama,  maka  mobil berpenumpang  ringan  relatif  dapat  bergerak  lebih  cepat.  Agar  ketika bertumbukan anda  merasa  nyaman, maka  disekeliling  mobil  diberi  ikat pinggang karet. Karet ini akan menyerap efek tumbukan.



           Ketika  mobil  berpenumpang  ringan  ditabrak  oleh  mobil  berpenumpang berat, penumpang yang  ringan akan merasakan  terlempar. Hal  ini sesuai dengan hukum kekekalan momentum.

Hukum kekekalan momentum menyatakan bahwa “jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem, maka momentum total sesaat sebelum tumbukan sama dengan momentum total sesudah tumbukan”. ketika menggunakan persamaan ini, kita harus memerhatikan arah kecepatan tiap benda.





Sumber : http://melisadianap.blogspot.co.id/2016/12/fenomena-fisika-pada-permainan-bom-bom.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERETA TERBANG, BUKTI APLIKASI FISIKA DALAM TEKNOLOGI MODERN

Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan  paling sempurna  yang selalu ingin berkembang. D engan kecerdasannya, manusia berhasil me...